Kamis, 23 April 2009

APA TUGAS PSIKIATER?

Apa Tugas Psikiater?


Psikiater adalah dokter spesialis di bidang kesehatan jiwa (jiwa=pikiran, perasaan, dan perilaku). Definisi sehat menurut WHO adalah sehat badan, jiwa, dan sosial.

Sebagai seorang dokter, psikiater berupaya menolong pasien agar ia dapat menolong dirinya untuk bebas dari gejala menyakit dalam proses terapi.

Psikiater bukan pembela seseorang yang bermasalah dengan orang lain. Bukan juga bertugas menghakimi yang benar dan yang salah.

Dalam konsultasi psikiater mengajak klien atau pasien untuk menentukan sendiri pilihan dalam bertindak, setelah memperhitungkan risiko yang akan dihadapi dan cara mengatasinya.

Proses ini dilakukan secara sistematik profesional dan menjaga rahasia pribadi pasien.

Tidak ada manusia yang sempurna, termasuk psikiater maka psikiater tidak akan mengambil contoh dirinya untuk diteladani orang lain.

Jasa psikiater itu adalah untuk semua orang, dari bayi hingga usia lanjut (dari Psikiater anak, hingga psikiater geriatri).

3 komentar:

  1. aaaaaaaa . aku pengen bgt jadi psikiater nih

    BalasHapus
  2. Kalo gitu, udah lulus dokter umum belum? Jika sudah maka langsung aja mendaftarkan diri ke program pendidikan dokter spesialis psikiatri di FKUI jika domisili di Jakarta, siapa tahu ketrima?
    Nah yang repot kalo belum lulus dokter umum nih, mesti lulus dulu hehehe (susah boo belajarnya)

    BalasHapus
  3. Saya mau tanya, penanganan anak lambat bicara oleh psikiater atau psikolog? Terima kasih

    BalasHapus